Shi Jun Zi, Dasar dari Ramuan Tonik Qi

Herba Si Jun Zi Tang
Herba Si Jun Zi Tang
Master Holistik - Kondisi defisiensi energi adalah salah satu dari kumpulan simptom berupa : pucat keputihan, lelah, letih, lesu, nafsu makan berkurang, lidah pucat, nadi lemah, dll. Kondisi ini tentu membutuhkan penangasnan dengan cara tonifikasi.

Si Jun Zi Tang adalah ramuan dasar dari tonik untuk kondisi defisiensi Qi (energy). Konsep dari ramuan ini, menjadi dasar bagi disusunnya ramuan lain yang berfungsi untuk meningkatkan energi.

Kali ini, kita akan membahas mengenai ramuan ini dilihat dari sudut pandang Holistik.

Herba raja pada ramuan ini adalah Ginseng. Ginseng memiliki rasa manis dan energinya yang hangat bias menguatkan energy sejati dan membuat organ limpa menjadi meningkat fungsi fisiologisnya.

Bai zhu dengan rasa yang sedikit pahit dengan energy yang hangat diposisikan sebagai herba menteri untuk mengurangi kelembaban patogenik, serta menguatkan fungsi limpa.

Fu Ling yang berasa manis dengan energy netral adalah herba pelayan. Fungsinya adalah untuk membuang lembab dan membantu limpa bekerja dalam menguatkan energy.

Strategi menggabungkan baizhu dan Fu Ling adalah demi meningkatkan efektifitas herba raja dalam memperkuat limpa menghasilkan energy. Kelembaban yang dibuang, akan memperkuat fungsi transportasi dan transformasi pencernaan.

Disamping itu, Fu Ling akan menyebarkan sifat panas yang dibawa oleh ginseng sebasgai herba raja serta Bai Zhu sebagai herba menteri, sehingga efek negative bias di netralisir.

Sementara itu, Gan Cao yang hangat dan berfungsi untuk mernyegarkan limpa. Herba ini juga dikenal untuk menetralisir efek yang berlebihan dari herba yang lain dalam sebuah komposisi ramuan.

Desain dari ramuan Si Jun Zi ini adalah menguatkan serta menyegarkan Limpa, agar menghasilkan energy yang harmonis dan kondusif bagi defisiensi energy.

Tetaplah Berpikir Holistik, Salam Holistik!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama