Niu Bang Zi, Herba Pelepas Eksterior

Tanaman Niu Bang Zi
Tanaman Niu Bang Zi
Master Holistik - Salah satu herba pelepas eksterior yang memiliki rasa pedas dan bersifat dingin adalah Niu Bang Zi. Niu Bang Zi yang berasa pedas dan pahit dengan energy yang dingin memiliki nama latin Arctium Lappa dan dikenal dengan nama lain : Burdock.

Biji Burdock ini berafinitas pada organ Paru-paru dan lambung yang berfungsi menyebarkan angina panas dan melegakan tenggorokan. Disamping menetralkan racun serta mengurangi pembengkakan, burdock ini juga memiliki fungsi melumasi usus besar.

Penggunaan Niu Bang Zi ini sebenarnya aman, hanya saja perlu diperhatikan pemakaiannya pada kasus defisiensi energy limpa yang menyertai diare, serta kondisi defisiensi darah dan energy secara umum. Jenis ramuan yang mengandung Niu Bang Zi juga tidak cocok untuk luka terbuka maupun luka bernanah.
Herba berupa biji dari sebuah tanaman Arctii Lappae ini sebenarnya hanyalah salah satu bagian dari tanaman yang sejak lama telah dimanfaatkan untuk pengobatan. Akarnnya disebut dengan Niu Bang Gen yang biasa digunakan untuk mengobati bisul, jerawat serta bengkak bernanah.

Sediaan yang disebut dengan Chao Niu Bang Zi adalah biji yang disangrai dengan khasiat yang lebih kuat dalam hal membuang angina panas, mengurangi toxin, dan pencaharan feses. Biasanya dipakai untuk penggunaan ramuan sakit tenggorokan dengan stagnasi lembab panas.

Tetaplah berpikir Holistik, Salam Holistik!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama